database_absensi_visual_basicdatabase_absensi_visual_basic

Aplikasi Absensi Visual Basic

Aplikasi Absensi Visual Basic NETAplikasi absensi yang akan saya bagikan dibuat menggunakan Visual Basic .NET. Saya membuat aplikasi absensi sewaktu membuat tugas akhir saat kuliah. Aplikasi absensi ini dapat mencatat kedatangan pegawai, serta mencatat berbagai macam data seperti keterlambatan pegawai dan lain sebagainya. Tampilannya yang sederhana dan user friendly sehingga mudah dipahami bagi semua orang.

Source code, database, beserta listing programnya sengaja saya bagikan agar menjadi bahan referensi bagi anda yang membutuhkannya. Diharapkan pula agar anda dapat mengembangkan aplikasi absensi ini lebih lanjut, sehingga dapat berkembang dengan lebih baik dan dapat bermanfaat bagi banyak orang maupun instansi.

Ada yang perlu diingat saat anda mengembangkan suatu aplikasi yang bersifat open source, sebagai bentuk penghargaan bagi yang telah membuat dan anda tinggal mengembangkan aplikasinya, diharapkan anda tetap mencantumkan credit point kepada mereka yang telah membuatnya, setidaknya anda dapat mencantumkan situs kami (iroot.id) dibagian credit point pada aplikasi absensi yang telah anda kembangkan.

Artikel pilihan lain: Contoh Laporan Teknik Informatika

Seperti itulah sedikit basa-basi mengenai aplikasi absensi dan penjelasan tentang credit point kepada seseorang. Sekarang akan saya tunjukkan dan jelaskan beberapa bagian yang ada pada aplikasi absensi ini.

1. Database

database_absensi_visual_basicdatabase_absensi_visual_basic
Klik untuk memperbesar gambar.

Jika anda ingin mengembangkan aplikasi absensi ini, tentunya anda harus mengetahui seperti apa struktur databasenya. Database aplikasi absensi saya beri nama ( _db_absensi) tanpa tanda kurung. Terdapat 9 tabel dan 2 tabel virtual dalam database tersebut, dalam tabel-tabel itu terdapat kurang lebih 57 field. Database sudah saya masukkan dalam satu paket, jadi anda tinggal mendownload dan mengimpornya, namun hal yang tidak kalah penting adalah anda harus membuat relasi field antar tabel, jika belum mengetahui caranya silakan lihat video ini.

Jika anda tidak bisa membuat relasi pada field tabel database atau sewaktu database di impor dan relasinya tidak muncul maka anda harus membuatnya, karena jika tidak maka aplikasi tidak akan berfungsi, bahkan anda tidak akan bisa login ke aplikasi absensi. Database, tabel, field dan relasi secara lengkap dapat anda lihat pada screenshot disamping, anda dapat mengklik gambar untuk memperbesar gambar database. Relasikan tabel anda sama seperti screenshot database, hanya jika sewaktu di impor relasinya tidak muncul.

2. Form Login

Aplikasi Absensi Visual Basic NET (Form Login)
Klik untuk memperbesar gambar.

Agar bisa mengakses aplikasi absensi ataupun melakukan absen, maka Pegawai harus login atau masuk dahulu menggunakan username dan password yang mereka miliki. Username yang dimasukkan adalah NIP (Nomor Induk Pegawai), username ini tidak bisa dirubah. Sedangkan password untuk pertama kalinya adalah tiga (3) digit huruf pertama dari nama Pegawai setelah didaftarkan, namun password ini bisa dirubah setelah registrasi, agar tidak dimasuki orang lain, dan hukumnya wajib agar akun aman dalam proses absen menggunakan aplikasi absensi.

Username dengan password harus dimasukkan dengan benar, agar Pegawai ataupun pengguna dapat masuk dan mengaskses menu maupun melakukan absen pada aplikasi.

3. Form Loading

Aplikasi Absensi Visual Basic NET (Form Loading)
Klik untuk memperbesar gambar.

Form loading akan muncul setelah pengguna, user maupun pegawai berhasil login. Proses ini tidak terlalu lama jadi anda hanya membutuhkan waktu sebentar untuk menunggu aplikasi selesai dimuat. Gambar disamping merupakan form loading yang nanti tampilannya dapat anda rubah dengan sangat mudah.

4. Form Menu

Aplikasi Absensi Visual Basic NET
Klik untuk memperbesar gambar.

Form menu hanya akan tampil setelah Pegawai memiliki hak akses untuk melakukan absensi di aplikasi, ataupun telah mendapatkan username dan password untuk mengakses aplikasi absensi. Pada form menu ditampilkan banyak menu-menu yang nantinya digunakan pegawai untuk berbagai keperluan, diantaranya adalah menu untuk memasukkan data Pegawai, memberikan hak akses pada form untuk para Pegawai, menu untuk merubah password, foto, membuat laporan dan lain sebagainya. Namun yang paling penting adalah Pegawai dapat absen cepat melalui form ini dengan menekan tombol “Absen Cepat Disini”.

Akan tetapi sebelum Pegawai dapat mengakses form-form utama atau form penting lainnya, Pegawai tidak akan bisa mengakses form-form tersebut sebelum Kepala maupun Admin memberikan hak akses kepada mereka untuk mengaksesnya. Hal ini digunakan untuk melakukan pengontrolan terhadap para Pegawai dalam membuka semua form, agar dapat di kontrol siapa saja yang punya kewenangan untuk mengakses form-form penting pada aplikasi, sehingga mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Anda juga dapat merubah skin aplikasi di form menu ini.

5. Form Absensi

Aplikasi Absensi Visual Basic NET (Form Absensi)
Klik untuk memperbesar gambar.

Form absensi mempunyai 2 kegunaan utama yaitu, satu untuk absen itu sendiri dan dua untuk mengabsenkan pegawai yang tidak hadir. Salah satu Pegawai dapat ditugasi untuk mengabsenkan Pegawai lain yang tidak hadir karena berbagai alasan, contohnya karena sakit, ijin dan lain sebagainya. Untuk absen normal Pegawai bisa langsung mengklik tombol absen, atau jika ingin mengabsenkan Pegawai lain yang tidak hadir, Pegawai yang mempunyai hak akses dapat mengklik tombol absenkan dengan sebelumnya memilih NIP di listview yang terlebih dahulu harus dicari melalui kotak pencarian.

Hal yang perlu diperhatikan adalah, Pegawai yang ditugasi untuk mengabsenkan pegawai lain yang tidak hadir haruslah dapat dipercaya agar semua berjalan dengan lancar, jika tidak dicatat maka pegawai yang tidak hadir tidak dapat ditemukan dalam laporannya, dan akan mempersulit jika ingin dicari datanya sebagai arsip dan bahan untuk melakukan peneguran terhadap Pegawai tersebut.

6. Form Hak Akses

Aplikasi Absensi Visual Basic NET (Form Hak Akses)
Klik untuk memperbesar gambar.

Form hak akses merupakan form yang paling penting dalam aplikasi absensi ini, sehingga sebaiknya Kepala ataupun Admin hendaknya memberikan kewenangan terhadap form hak akses hanya kepada orang-orang yang telah lama bekerja ataupun dapat dipercaya, karena jika form ini diakses oleh orang yang tidak bertanggung jawab dan merusak, maka form ini dapat membuat semua Pegawai tidak dapat memasuki form-form penting lainnya, dan hanya pembuat programlah yang dapat memperbaikinya.

Untuk menggunakan hak akses, Kepala atau Admin dapat memulainya dengan memilih menu “Update Hak Akses” pada menustrip, maupun Hak Akses pada menu utama bagian form menu. Setelah itu tentukan dahulu jabatan yang diberikan hak akses dan pilih form yang akan diberikan hak akses pada jabatan tersebut, klik tombol “Simpan”, setelah disimpan jangan menyimpan hak akses lagi terhadap jabatan dan form yang sama karena tidak akan berhasil, untuk itulah gunakan tombol “Edit”.

Kepala atau Admin dapat mencobanya berulang kali sebelum aplikasi absensi ini digunakan dan diterapkan untuk semua Pegawai, agar pada waktu digunakan dapat berjalan dengan lancar.

7. Form Setting Data Personal

Aplikasi Absensi Visual Basic NET (Rubah Password)
Klik untuk memperbesar gambar.

Form ini terdiri dari 3 (tiga) tab yaitu, tab untuk merubah password, tab untuk merubah foto dan terakhir adalah tab untuk melihat laporan data pribadi Pegawai dengan lebih mudah.

Tab pertama yaitu tab untuk merubah password, tab ini digunakan untuk merubah password dari Pegawai, hanya Pegawai sendirilah yang dapat merubah password mereka sendiri, dan Pegawai lain tidak diperkenankan merubah password Pegawai lainnya. Untuk merubah password Pegawai cukup memasukkan password lama pada kotak yang disediakan, mengisikan password baru yang ingin dipakai, dan konfirmasikan password baru tersebut sekali lagi. Setelah itu klik tombol rubah password, dibawahnya sudah disediakan petunjuk jadi Pegawai tidak perlu bingung bagaimana cara merubah password mereka.

Tab kedua yaitu tab Rubah Foto, tab ini digunakan untuk merubah foto pegawai. Pegawai dapat merubah foto mereka dengan cara memimilih foto melalui tombol upload foto, dan menyimpannya dengan cara menekan tombol simpan foto, Pegawai dapat membaca petunjuk dibawahnya agar lebih jelas.

Tab ketiga yaitu tab laporan absensi pribadi Pegawai, tab ini digunakan untuk melihat laporan khusus Pegawai secara personal atau perorangan, jadi hanya laporan Pegawai tersebut yang ditampilkan. Untuk menggunakannya pegawai cukup memilih detail laporan yang ingin dilihat contoh “Bulanan”, setelah memilih laporan yang ingin dilihat, Pegawai cukup menekan tombol lihat dan laporan pribadi Pegawai tersebut akan ditampilkan.

8. Form Laporan

Aplikasi Absensi Visual Basic NET (Form Laporan)
Klik untuk memperbesar gambar.

Form laporan digunakan untuk mencetak laporan data absensi, laporan data absensi ini dapat berupa absensi harian, bulanan maupun tahunan. Ada baiknya Pegawai mencetak data absensi harian yang dapat disimpan sebagai hardcopy dan arsip. Cara penggunaannyapun cukup mudah, tinggal memilih opsi detail laporan berdasarkan apa yang ingin ditampilkan lalu klik lihat dan cetak laporan.

Seperti itulah sedikit penjelasan mengenai aplikasi absensi yang saya bagikan. Jika anda ingin mengembangkannya hargai karya kami dengan tetap mencantumkan website kami sebagai credit point. Anda dapat mengembangkannya sejauh yang anda bisa. Untuk mendownload aplikasi, source code, beserta databasenya sudah saya jadikan satu paket pada link dibawah postingan.

Lihat Video
Download Aplikasi Absensi + Source Code + Database

49 thoughts on “Aplikasi Absensi Visual Basic

  1. Keren gan Aplikasinya…
    Upload dong gan, tpi databasenya pakes sql server 🙂

    Ane ada tugas nih gan, bikin aplikasi sederhana..
    Pingin aplikasinya kayak agan, tpi di ganti absensi mahasiswa 😀
    Mohon Bantuannya ya gan ^^v

  2. gan setelah saya downlod n saya buka pakek vb.2008 kok g bsa muncul gan?
    klo boleh tau itu pakek tambahan aplikasi apa?
    terimakasih gan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *