busi

Busi Iridium, Busi Terbaik Dengan Komponen Logam Mulia

Sebagai pemilik kendaraan bermotor anda sudah pasti harus mengenal komponen bernama busi motor. Busi memiliki dua fungsi utama yaitu untuk membakar campuran udara / bahan bakar dan melepas panas dari ruang pembakaran. Busi mengalirkan energi listrik yang mengubah bahan bakar menjadi energi penggerak mesin. Dengan nilai guna setinggi ini, tentu keaslian dari busi merupakan sesuatu yang mutlak diperlukan. Dewasa ini busi telah mengalami perkembangan. Busi motor saat ini tidak lagi menggunakan jenis logam yang sembarangan, kini busi motor telah menggunakan logam bernama iridium. Mengapa jenis logam mulia ini yang digunakan, apa saja kelebihan busi motor yang dibuat menggunakan logam iridium, berikut merupakan ulasan singkat mengenai busi Iridium.

Ini keunggulan busi Iridium

Dalam beberapa tahun terakhir ini busi telah dikembangkan memanfaatkan material logam mulia (precious metal) sebagai elektroda yang diharapkan dapat memberikan keunggulan-keunggulan dibandingkan busi standard (nickel). Dua keunggulan utama busi Iridium adalah daya pengapian yang tinggi; yang dapat di capai dengan memanfaatkan ujung elektroda yang lebih halus dari pada busi standard untuk menghasilkan percikan api busi yang lebih focus untuk pembakaran yang lebih sempurna. Umur busi lebih tahan lama; yang dapat dicapai dengan memanfaatkan material elektroda dari precious metal yang memiliki titik lebur yang lebih tinggi dari pada bahan nickel. Busi Iridium memiliki titik lebur lebih tinggi dibandingkan busi berbahan nickel pada umumnya. Titik lebur logam iridium mencapai 2410 °C. Dengan menggunakan precious metal iridium, diameter elektroda tengah dapat diperkecil menjadi 0,6 mm sehingga dapat mencegah penyerapan panas bunga api (quenching action) yang dapat mengurangi daya pengapian. Busi Iridium yang beredar di indonesia adalah G Power dengan material elektroda Platinum dan busi Iridium IX dengan material elektroda Iridium. Busi G power memiliki diameter elektroda tengah 0.6 mm sehingga pengapian lebih focus, dengan material platinum mengurangi tegangan yang dibutuhkan busi untuk memercikkan api sehingga start menjadi lebih mudah, akselerasi lebih cepat, bahan bakar lebih efisien dan tahan lama. Busi Iridium IX juga memiliki diameter elektroda tengah 0.6 mm seperti busi G Power, dengan titik lebur yang lebih tinggi dari platinum sehingga tegangan untuk memercikkan api pada elektroda lebih kecil lagi dibandingkan busi platinum. Sehingga busi Iridium IX dapat menjadikan mesin lebih mudah start, akselerasi lebih cepat, bahan bakar lebih ekonomis dan lebih tahan lama. Selain itu busi Iridium IX memiliki teknologi Thermo Edge Design, dimana terdapat celah di ujung elektroda yang pada saat terjadi percikan api saat pengapian, percikan api tersebut membakar habis endapan karbon yang berada di celah tersebut sehingga lebih memastikan anti carbon fouling.

Busi Iridium mudah didapat

Jadi untuk perkara busi pun anda tidak boleh sembarangan. Pakailah busi Iridium untuk sepeda motor anda. Dengan menggunakan busi jenis ini sepeda motor anda lebih mudah start, akselerasi lebih cepat, bahan bakar lebih ekonomis dan lebih tahan lama. Pertanyaannya bagaimanakah cara kita mendapatkan busi Iridium ini ? tentu caranya sangat mudah. Bagi anda yang menggunakan sepeda motor Yamaha, anda perlu bersenang hati karena anda akan jauh lebih mudah mendapatkannya. Anda bisa membeli busi Iridium dengan membelinya di laman resmi Yamaha motor. Anda secara sederhana dapat menyebut komponen atau sparepart asli motor Yamaha dengan Yamaha Genuine Parts, yang sudah pasti terdapat komponen busi motor dalam kategorinya. Jadi tunggu apa lagi, pakai busi Iridium untuk sepeda motor kesayangan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *