Cara Install Wordpress

Cara Install WordPress

Cara Install WordPressMenginstall wordpress sangat mudah dilakukan, tetapi bagi para blogger maupun webmaster yang belum mengetahuinya sama sekali mungkin akan kesulitan. Untuk itulah akan saya jelaskan cara menginstall wordpress dengan benar.

Hal-hal yang perlu di siapkan adalah, master wordpress yang dapat anda unduh di wwww.wordpress.org, hostingan & domain (tidak berlaku jika hanya ingin di localhost atau komputer kita saja), server (untuk localhost, anda dapat menggunakan xampp).

Artikel Lain: Membuat Domain dan Hosting Gratis

Cara install wordpress:

1. Download file wordpress hingga selesai, file wordpress yang anda download tadi akan berupa archive jadi perlu anda extract.

2. Upload file wordpress anda ke hostingan, jika menggunakan komputer lokal dan memakai xampp dapat anda letakkan di folder “C:xampphtdocs”.

3. Extract file wordpress yang sudah anda download tadi, dapat dilakukan dengan cara klik kanan >> “extract here” bagi yang memakai sistem operasi windows.

4. Buat sebuah database dan jangan lupa catat username, password, dan nama databasenya. Untuk komputer lokal atau xampp, bawaan defaultnya adalah username=root password=”tidak ada password (kosong)”.

5. Untuk memulai installasi silakan buka domain utama anda seperti iroot.id atau untuk komputer lokal dapat anda ketikkan localhost/nama_folder_wordpress_anda.

6. Klik tombol “Create a Configuration File”, Setelah itu muncul keterangan yang diperlukan, klik tombol “Let’s Go !”.

7. Pada halaman berikutnya anda diminta memasukkan nama database yang telah anda buat, username database beserta password databasenya. Isikan semuanya dengan benar, jika hostingan dan domain anda suatu kesatuan atau hanya localhost kita tidak perlu mengganti “Database host”, untuk table prefix biarkan apa adanya.

8. Klik submit jika sudah selesai, setelah itu muncul lagi halaman installasi klik “Run the Install”.

9. Setelah semuanya benar dan tidak ada masalah anda akan dibawa ke halaman pengisian Site title (Nama Situs), Username (Username yang akan anda gunakan sebagai admin blog), Password (Digunakan untuk login ke halaman admin), E-mail (E-mail anda sebagai admin), Privacy biarkan dicentang jika anda menginginkan situs anda terindex mesin pencari seperti google.

10. Setelah selesai klik Install WordPress.

11. Proses installasi telah selesai, anda dapat masuk sebagai admin di domainanda/wp-admin, contoh: “iroot.id/wp-admin” atau “localhost/iRoot/wp-admin” untuk installasi secara lokal komputer. Untuk tampilan websitenya silakan anda buka domain utama anda, contoh: “iroot.id” atau “localhost/iRoot” untuk installasi secara lokal.

Selamat mencoba menginstall wordpress, semoga berhasil. Sebagai bahan pembelajaran akan saya sediakan video tutorialnya secara jelas yang dapat anda unduh dibawah postingan ini.

Lihat Video
Download Video

22 thoughts on “Cara Install WordPress

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Dunia Informasi, menurut saya bidang studi Sistem Informasi merupakan bidang studi yang sangat menarik
    juga banyak hal yang bisa dipelajari di dunia Informasi.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis
    mengenai bidang Sistem Informasi yang bisa anda kunjungi di Lembaga Sistem Informasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *