Cara Memindahkan Blog Wordpress Lama ke Domain Baru

Cara Memindahkan Blog WordPress Lama ke Domain Baru

Hari ini kita beri selingan terlebih dahulu sebelum kembali membahas topik seputar linux. Bagi anda yang memiliki blog wordpress dengan nama domain lama, entah karena domain lama namanya kurang bagus atau kurang sreg di hati anda, sehingga anda sangat ingin menggantinya, maka berikut ini adalah hal-hal yang dapat anda lakukan untuk memindahkan blog lama anda ke domain yang baru tanpa harus menghapus isi/kontennya.

Artikel Lain: Merubah Hostname Komputer Linux

1. Backup database blog lama anda. Hal ini sangat penting dilakukan agar jika terjadi kesalahan anda tidak perlu repot untuk mengembalikannya. Jika anda tidak tahu cara membackup database tanyakan caranya kepada provider hosting anda.

2. Download seluruh isi dari direktori blog lama anda. Hal ini bisa anda lakukan menggunakan program FTP seperti Filezilla, atau jika ada cara lain silakan tanyakan kembali kepada provider hosting tempat anda menyimpan file blog.

3. Export postingan di blog lama anda dengan cara, masuk ke halaman dashboard, pilih menu “Tools >> Export”, pada pilihan “Choose what to export” pilih yang “All content” lalu klik tombol “Download Export File”.

4. Sekarang anda punya dua pilihan, ingin memindahkankan seluruh isi dari blog lama ke domain baru ataupun cuma ingin memindahkan postingannya saja. Jika anda ingin memindahkan postingannya saja, maka anda cukup menginstall wordpress di domain baru anda, lalu import file hasil download di step “3” dan import menggunakan plugin importir dari wordpress.

5. Namun jika anda ingin memindahkan seluruh isi (termasuk theme dll.) dari blog lama anda ke domain yang baru maka langkah pertama adalah upload seluruh hasil download anda pada step “2” ke hosting tempat anda membuat blog baru. Hati-hati pada tahap upload ini, pastikan anda mengupload pada direktori “Public_html” atau “Htdocs”, mintalah panduan teknisi provider hosting anda jika anda kurang memahaminya.

6. Setelah selesai mengupload, sekarang saatnya anda membuat nama database baru dengan username dan password yang tentunya boleh berbeda ataupun sama dengan yang lama, hal ini kondisional.

7. Jangan lupa untuk merubah user, password, nama database dan hostname database wordpress anda pada file “wp-config.php” rubah sesuai dengan yang anda barusan buat.

8. Import isi dari database lama anda (pada step 1) ke database baru yang telah anda buat. Anda bisa menggunakan phpMyAdmin, biasanya ada di semua hosting berbayar. Caranya buka phpMyAdmin >> pilih nama database baru anda >> klik menu import di bagian atas >> pilih file (hasil download di step 1) >> kirim/send.

9. Sekarang saatnya sentuhan terakhir, lakukan dengan baik dan penuh ke hati-hatian. Masih di phpMyAdmin, kembali pilih database yang telah anda import tadi, klik menu “SQL” dan jalankan perintah SQL dibawah ini satu persatu/perbaris, ganti pada bagian “http://www.url-lama” dengan alamat/domain lama anda, lalu ganti juga pada “http://www.url-baru” dengan alamat/domain baru anda, klik kirim/send. Lakukan ini satu persatu saja.

UPDATE wp_options SET option_value = replace(option_value, 'http://www.url-lama', 'http://www.url-baru') WHERE option_name = 'home' OR option_name = 'siteurl';

UPDATE wp_posts SET guid = replace(guid, 'http://www.url-lama','http://www.url-baru');

UPDATE wp_posts SET post_content = replace(post_content, 'http://www.url-lama', 'http://www.url-baru');

UPDATE wp_postmeta SET meta_value = replace(meta_value,'http://www.url-lama','http://www.url-baru');

10. Sudah selesai seharusnya blog lama dengan domain baru anda sekarang sudah siap dibuka kembali, tentunya dengan nama domain yang baru. Jika anda masih tidak bisa memahaminya anda dapat menghubungi kami untuk meminta bantuan/tanyakan melalui komentar.

[Download Versi Ebook]

3 thoughts on “Cara Memindahkan Blog WordPress Lama ke Domain Baru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *