Virtualization Information With Securable

Cara Mengetahui Komputer Support Virtualisasi

Virtualization Information With SpeccyBerawal dari pengalaman pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (CBT) kemarin nih saya jadi punya pengalaman tentang virtualisasi komputer. Ya, pada saat itu aplikasi yang dijalankan untuk ujian nasional berbasis komputer (Computer Based Test atau CBT) menggunakan mesin virtual, yang utilitiesnya menggunakan VirtualBox. Terus apa hubungannya dengan virtualisasi komputer?? Berikut akan sedikit saya jelaskan.

Artikel Lain: iRoot Folder Protector 1.02 Resmi Dirilis

Mungkin untuk virtualisasi saja tidak akan ada masalah jika mesin virtual yang akan dibuat di VirtualBox menggunakan sistem operasi 32 bit, namun untuk menjalankan aplikasi CBT kita diwajibkan menginstall mesin virtual yang 64 bit, sudah saya coba dengan yang 32 bit sih dan memang tidak bisa running mesin virtualnya. Nah disini nih poinnya, jika Virtualization komputer kita dalam kondisi “Disable” maka opsi untuk membuat mesin virtual 64 bit tidak akan muncul di VirtualBox, setelah itu tau dong kita jadi tidak bisa membuat virtual machinenya untuk aplikasi CBT (Computer Based Test). Setelah itu baru muncul permasalahan berikutnya, ada dua permasalahan yang mendasar yang dapat ditanyakan. Apakah komputer saya support virtualisasi? Lalu bagaimana mengaktifkannya jika support virtualisasi?

Bagi anda yang menggunakan processor jenis intel pentium dan bukan amd pasti jika komputer anda support virtualisasi akan sangat mudah untuk mengaktifkan virtualisasinya dengan cara mengenablenya melalui bios komputer anda, biasanya terdapat pada tab Security, CPU, System ataupun Processor, silakan anda cari dan enable Hiper V Virtualizationnya (VTx/VTd).

Bagi yang menggunakan processor amd nih, jujur sampai sekarang saya belum bisa mengenablenya melalui bios laptop saya :(, karena saya cari-cari menu Virtualizationnya tidak ketemu, amd saya adalah AMD A8-6410 APU with AMD Radeon R5 Graphics. Mungkin nanti saya akan coba untuk update biosnya agar menu virtualizaionnya bisa muncul, tapi sebelum itu, pertanyaannya darimana saya tahu komputer saya memang support virtualization?

Ada 3 cara atau metode yang dapat digunakan untuk mengecek komputer kita support virtualisasi atau tidak, yang pertama tanpa software dan yang kedua serta yang ketiga menggunakan software yang sangat mudah sekali digunakan. Berikut akan saya jabarkan cara-caranya:

Cara pertama menggunakan System Information komputer
• Silakan navigasi mouse atau pointer anda ke menu Start >> Control Panel >> Administrative Tools >> System Information. Anda dapat melihat komputer anda support virtualization atau tidak, silakan lihat keterangannya, biasanya keterangan virtualization agak kebawah. Bisa anda lihat screenshot gambar dibawah agar lebih jelas.

System Information Komputer
Klik Gambar Untuk Memperbesar.
System Information Virtualzation
Klik Gambar Untuk Memperbesar.

 

Cara kedua menggunakan software Speccy

• Silakan anda download aplikasi Speccy, anda install hingga selesai, lalu jalankan aplikasi. Navigasikan cursor anda dan pilih menu CPU, disitu nanti anda dapat melihat Processor milik anda support virtualization atau tidak.

Virtualization Information With Speccy
Klik Gambar Untuk Memperbesar.

Cara ketiga menggunakan software Securable

• Silakan anda download aplikasi Securable, klik dua kali dan tidak perlu install, anda nanti akan melihat keterangannya langsung, apakah komputer anda support virtualization atau tidak, sangat mudah bukan cara ketiga ini?, lihat screenshotnya dibawah.

Virtualization Information With Securable
Klik Gambar Untuk Memperbesar.

Begitulah 3 metode singkat cara mengetahui komputer kita support virtualization atau tidak. 3 cara diatas menurut saya adalah yang paling mudah jika anda ingin mengecek komputer anda support virtualization atau tidak. Jika anda masih bingung tenang saya selalu menyediakan video tutorialnya untuk anda. Oh yah bagi anda yang pernah berhasil update bios komputer, jangan pelit sharingnya ya thanks.

Lihat Video Tutorial

4 thoughts on “Cara Mengetahui Komputer Support Virtualisasi

  1. Ternyata begitu toh gan,, wah.. saya meu cek dulu,,, komputer saya suport Virtualisasi atau gak… hehehe

  2. Saya pake intel gan… Tapi kok gak nemu menu virtualization? Di system information, infonya hanya sampai di page file. Kemudian di biosnya gak ada pula menu untuk meng-on/off-kan Virtualization… Apakah berarti laptop saya tidak support VTx/VTd gan??

    1. Punya “tekno” core berapa?
      Untuk VTx/VTd memang minimal harus corei3, belum tentu ga support gan, punya saya AMD A8 dulu tidak ada menu Virtualisasinya, namun saya coba ke halaman resmi driver lenovo dan saya download bios terbaru versi laptop saya akhirnya menu Virtualisasinya mau muncul gan. Tapi cek support tidaknya pakai aplikasi diatas.

      Jadi solusinya:

      1. Pastikan laptop agan lebih dari 4 inti core & support virtualisasi dengan aplikasi diatas atau dengan kata lain minimal core i3 (punya 6 core inti).

      2. Jika menu memang tidak ada silakan agan update bios, cari driver di halaman web resmi merk laptop agan.

      Semoga membantu 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *