Iklan Google Adsense Blank Status di Dashboard Adsense Idle

Sebenarnya saya bingung ingin membuat judul artikel ini dengan kalimat yang tepat, akan tetapi saya putuskan untuk membuat judul artikelnya “Iklan Google Adsense Blank Status di Dashboard Adsense Idle”.

Artikel Lain: Konfigurasi DHCP Server Linux

Mungkin sudah banyak sekali yang bertanya-tanya tentang hal ini, sejak Google Adsense merubah metode penerimaan Publisher Google Adsense melalui proses 2 langkah, yaitu langkah pertama verifikasi kepemilikan situs, dan yang kedua adalah peninjauan keseluruhan konten dari situs yang didaftarkan, maka otomatis masih belum banyak pertanyaan yang terjawab hingga saat ini.

Baiklah sekedar berbagi informasi, saya akan membahas kenapa iklan Google Adsense menampilkan iklan kosong (Blank Ads) lalu di dashboard Google Adsense tertulis bahwa unit iklan yang kita buat statusnya tidak pernah aktif, melainkan “Idle/Siaga”, “Ready/Siap”, “Baru/New” dan masuk pada opsi iklan tidak digunakan ataupun iklan tersembunyi. Padahal kode iklan yang kita generate di akun adsense kita sudah sudah terpasang dengan benar pada alamat situs yang kita daftarkan.

Awalnya saya ragu mengapa hal ini terjadi? Apakah karena theme wordpress yang saya pakai tidak support kodenya (padahal setahu saya tidak), apakah wordpress merubah kodenya secara otomatis sehingga di dashboard adsense status unit iklan yang saya buat tidak pernah aktif? Hingga saya juga ingat pernyataan yang sering dilontarkan teman-teman saya yaitu Google Adsense sekarang PHP (Pemberi Harapan Palsu) Hehehe.

Karena saya memang dasarnya ingin tahu dan penasaran, akhirnya saya coba putuskan untuk bertanya di forum komunitas Google Adsense, dan tidak lebih dari empat (4) jam, alangkah kagetnya saya menerima jawaban yang begitu jelas dari seorang member Adsense, tentunya level pengetahuannya jelas lebih tinggi daripada saya di forum tersebut.

Pertanyaan saya kira-kira seperti ini “My adsense account in step 2, but not red bar is showing. If i put my adsense code in my site, status of ads in my adsense dashboard never active. Why and how long?” kira kira kalau di Bahasa Indonesiakan seperti ini “Akun adsense saya ada di langkah ke 2, tetapi tidak ada bar merah (notifikasi) yang muncul. Jika saya memasang kode adsense di situs saya, status iklan di dashboard adsense saya tidak pernah aktif. Kenapa dan berapa lama?”

Lalu seorang member bernama “Fanny Allen” membalas postingan saya dengan sangat jelas, berikut jawabannya “Red bar no longer appear anymore. FAQ about red bar is old and not up to date. This is normal, ads that don’t have impression will have inactive status (idle). Since the ads is blank, so there’s no impression on it. Usually it’ll take few weeks, about 2-3 weeks in normal situation, sometimes it can take more than 1 month. Until your application fully approved, the ads will remain blank.” Jika di Bahasa Indonesiakan kurang lebih seperti ini “Bar merah (notifikasi) tidak muncul lagi. FAQ (Frequently Ask Question) Pertanyaan yang sering ditanyakan tentang bar merah (notifikasi) sudah lama dan tidak diperbarui. Ini normal, iklan yang tidak memiliki impresi (jumlah penayangan iklan pada laman) akan berstatus tidak aktif atau siaga. Selama iklan kosong (blank), tidak ada impresi (jumlah penayangan iklan pada laman) iklan tersebut. Biasanya akan membutuhkan beberapa minggu, sekitar 2-3 minggu pada situasi yang normal, terkadang membutuhkan lebih dari satu bulan. Sampai pengajuan anda diterima sepenuhnya, iklan akan tetap kosong (blank). Begitulah kira-kira jawaban yang diberikan “Fanny Allen” dalam Bahasa Indonesia.

Bagaimana sudah puas apa belum dengan jawaban “Fanny Allen”? atau anda tidak percaya? hehe, baiklah silakan lihat screenshot bukti jawaban dari “Fanny Allen” kepada pertanyaan saya dibawah ini.

Iklan Google Adsense Blank Status di Dashboard Adsense Idle
Iklan Google Adsense Blank Status di Dashboard Adsense Idle

Semoga anda semua tidak bersedih atau galau lagi jika sudah mendaftar Google Adsense dan sampai pada tahap (2) dua untuk memasang iklan, namun ketika iklan sudah dipasang sampai berminggu-minggu tidak ada jawaban dari pihak Google Adsense, itu berarti kita disuruh menunggu, dan sambil menunggu kita tentunya harus berusaha membuat konten yang berkualitas, sehingga akan menambah impression iklan dilaman/situs yang kita daftarkan.

5 thoughts on “Iklan Google Adsense Blank Status di Dashboard Adsense Idle

    1. Berarti iklan anda normal sudah mendapat impression yang cukup untuk dilakukan peninjauan (pertahankan), jadi silakan ditunggu saja dengan sabar balasan dari adsense.

  1. keren gan bermanfaat… makasih..
    tapi aku mau nana gan aku kan dah daftar akun google adsense trus didalamnya tertulis “We’re working on connecting your site.
    Reviewing your site will take up to 3 days. We’ll email you when we’re done.” ini dah 2 mingguan.. belum ada email masuk dan pada dashbor akun GooAds untuk menu My Ads, Allow n block my ads, pervomance reports, optimization, tidak aktif ( tidak bisa di klik) ini gmna gan mohon bantuannya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *