Cara Membuat File Installer Visual Basic

Membuat File Installer di Visual Basic

Cara Membuat File Installer Visual BasicPada tutorial kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat file setup atau file installer di Visual Basic VB.NET. Apakah yang dimaksud dengan file setup (installer)? File setup dapat disebut juga file installer, yaitu saat file installer tersebut kita eksekusi maka akan dilakukan pemasangan ataupun instalasi aplikasi pada komputer kita, yang bersifat permanen jika tidak di uninstall.

Banyak contoh file installer yang sering kita temui, seperti installer Google Chrome, Firefox, iRoot Mp3 Player, iRoot Folder Protector dan lain sebagainya. Pada tutorial kali ini akan kita bahas mengenai cara pembuatan file installer tersebut menggunakan (Microsoft Visual Studio) Visual Basic VB.NET. Namun sebelum anda mencoba membuat file installer seperti pada tutorial ini maka anda perlu menggunakan Microsoft Visual Studio 2008 keatas.

Hal tersebut dilakukan karena kita akan memakai fasilitas Setup and Deployment menggunakan InstallShield. Dimana pada Microsoft Visual Studio 2008 dan Versi sebelumnya tidak memiliki fasilitas Setup and Deployment menggunakan fasilitas InstallShield ini.

Untuk membuat file installer atau file setup di Visual Basic VB.NET menggunakan Microsoft Visual Studio 2008 keatas silakan ikuti langkah-langkah dibawah ini:

1. Siapkan sebuah project sederhana, contoh anda bisa menggunakan project kalkulator ini.

2. Setelah project siap, buka Microsoft Visual Studio anda. Pada tab start disebelah kiri pilih “New Project”.

3. Lalu pilih “.NET Framework” pada combo atas, sesuai dengan aplikasi yang telah anda buat, contoh “.NET Framework 3.5”.

4. Lanjutkan dengan memilih tipe project di sebelah kiri yaitu “Other Project Types” >> “Setup and Deployment”, beri nama project installer anda pada bagian “Name:” Setelah itu klik “Ok”.

5. Anda akan di bawa ke menu “Project Assistant”. Pilih project kalkulator yang telah anda buat tadi dengan cara melihat menu bagian kanan project anda, klik kanan pada nama solution aplikasi anda, lalu pilih “Add” >> “Existing Project”.

6. Cari dimana anda menyimpan project kalkulator yang telah anda buat atau download tadi. Jika anda menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic, cari didalam folder kalkulator file yang berakhiran atau berekstensi “.vbproj” setelah ketemu pilih file tersebut lalu klik “Open”.

7. Pada tahap ini aplikasi anda telah ditambahkan ke project Setup and Deployment. Setelah itu anda pilih menu “Application Information” dibagian bawah, anda diharuskan mengisi informasi-informasi seperti nama perusahaan, nama aplikasi, versi aplikasi, ikon dan lain sebagainya. Silakan anda isikan sesuai petunjuk dan sesuai data aplikasi anda dengan benar.

8. Tahap selanjutnya anda pilih “Installation Requirements” yaitu persyaratan komputer yang dibutuhkan agar dapat menjalankan aplikasi anda. Anda pilih aplikasi anda support di windows berapa saja, dan untuk menjalankannya butuh .NET Framework atau tidak.

9. Sekarang sampai pada tahap atau menu “Installation Architecture”, untuk versi InstallShield yang gratis menu ini di disable, jadi loncati saja sehingga kita akan sampai pada tahap “Application Files”.

10. Tahap “Application Files” ini menurut saya adalah tahap terpenting dalam membuat file installer, lakukan dengan hati-hati. Pertama-tama anda pilih “Add Project Outputs” >> Pilih “Primary Output” >> Klik “Ok“. Ingat jika anda menggunakan database seperti access, maka anda diwajibkan menambahkan database pada pilihan “Add Files”, dan posisi database ini harus pada folder yang tepat sesuai coding dari aplikasi Visual Basic .NET anda.

11. Setelah tahap “Application Files” selesai, maka dilanjutkan pada tahap “Application Shortcuts”. Pada tahap ini anda diminta untuk membuat dan menamai shortcut aplikasi anda nantinya setelah diinstall di komputer. Silakan pilih “New” pada tombol bawah >> Pilih “[ProgramFilesFolder]” >> “[NamaPerusahaanAnda]” >> “[FolderAplikasiAnda]” >> Pilih aplikasi anda, klik “Open”.

12. Pilih button “Rename” untuk me-rename shortcut anda, ada opsi untuk membuat shortcut ingin dibuat di desktop, di start menu atau yang lainnya, silakan pilih opsi ini sesuai keinginan anda.

13. Sekarang anda sampai pada tahap “Application Registry”, silakan anda lewati saja langkah ini sehingga kita sampai pada tahap terakhir yaitu “Installation Interview”. Pada langkah ini anda disuruh memilih opsi-opsi saat aplikasi anda di install, contoh apakah user dapat memasukkan nama perusahaan, memindah lokasi direktori installasi dan lain sebagainya. Silakan anda pilih opsi-opsi tersebut sesuai dengan keinginan anda.

14. Saatnya finishing yaitu membuat file installer, klik nama solution anda di sebelah kanan “Solution Explorer” project anda >> Klik kanan “Build Solution”.

15. Jika file installer berhasil dibuat, maka status di Output adalah “Build Succeeded”. Proses pembuatan telah selesai, sekarang anda dapat mencari file installer aplikasi pada folder “DiskImages” didalam project installer yang telah anda buat tadi.

Seperti itulah proses pembuatan file installer menggunakan Microsoft Visual Studio, Visual Basic .NET dan InstallShield. Agar lebih jelas saya telah menyediakan versi video yang lebih lengkap dan dapat anda tonton melalui link video dibawah, serta tutorial ini juga saya jadikan file “.pdf” yang dapat anda download sebagai ebook agar lebih praktis. Kurang jelas atau ada pertanyaan? Silakan berkomentar maupun mengirim email dan pasti saya balas jika tidak sibuk, terima kasih.

Lihat Video
Download Ebook

9 thoughts on “Membuat File Installer di Visual Basic

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *