Pertanyaan Seputar Excel Macro Oleh Pak Ari

Membuka Aplikasi Lain Menggunakan Excel Macro

Membuka aplikasi lain dengan perintah macro excelUntuk membuka aplikasi lain (aplikasi eksternal) menggunakan microsoft excel ataupun perintah macro sebenarnya ada dua cara, yaitu menggunakan coding pada macro ataupun menggunakan hyperlink object.

Sebenarnya ini adalah permintaan dan pertanyaan dari saudara Ari yang katanya berasal dari sumenep. Beliau menanyakan bagaimana cara membuka aplikasi lain menggunakan coding/perintah macro, karena ada dua opsi maka akan saya jelaskan kedua-duanya.

Berikut adalah screenshot pertanyaan beliau melalui sms.
Artikel Lain: 3 Plugin yang harus anda install di wordpress

Pertanyaan Seputar Excel Macro Oleh Pak Ari
Klik gambar untuk memperbesar.

Jawaban:
Opsi 1
Kita dapat menggunakan coding/perintah macro jika kita lebih suka dengan menggunakan kode-kode untuk membuatnya. Untuk opsi pertama silakan anda ikuti langkah-langkah berikut:
1. Untuk menambahkan button/tombol macro anda dapat menambahkannya melalui tab “Developer”. Jika tab “Developer” anda belum muncul di excel, silakan anda klik “Button Excel (Pojok kiri atas) >> Excel Options >> Popular >> Centang Show Developer tab in the ribbon”.
2. Sekarang tambahkan tombol macro dengan cara pilih tab “Developer >> Insert >> Form Controls >> Button (Form Control)”.
3. Klik kanan pada button tadi >> Assign macro >> Macros in: Pilih This workbook >> New. Tambahkan kode berikut didalamnya:
Dim iRoot
iRoot = Shell(“Lokasi path aplikasi yang ingin dibuka”, 1)

Contoh untuk membuka aplikasi “notepad”:
Dim iRoot
iRoot = Shell(“C:WindowsSystem32notepad.exe”, 1)
4. Save as >> Excel Macro-Enabled Workbook.
5. Jalankan aplikasi anda, coba klik button macro tersebut. Jika benar, maka aplikasi akan terbuka, jika kode anda salah maka akan terjadi “runtime error”. Periksa lagi penulisan kode anda beserta path aplikasi yang ingin dijalankan.
6. Saat membuka kembali macro yang telah ditutup dan jika ada tulisan “Security warning Macros have been disabled”. Klik “Options… >> Enable this content >> Ok”.

Opsi 2
Opsi kedua ini sangat mudah yaitu tinggal menggunakan hyperlink, untuk membuatnya ikuti langkah-langkah dibawah ini:
1. Tambahkan object apa saja, contoh saya menggunakan persegi sebagai button. Klik tab “Insert >> Shape >> Rectangle”.
2. Klik kanan pada rectangle atau persegi yang anda tambahkan tadi. Pilih “Hyperlink >> Cari lokasi dimana tempat aplikasi yang ingin anda jalankan >> Ok.
3. Jalankan aplikasinya, coba klik rectangle kalau berhasil aplikasi eksternal harusnya dapat terbuka, kalau gagal coba cari lokasi aplikasi dengan benar.
Seperti itulah jawaban yang bisa kami berikan untuk bapak/mas Ari yang ada di sumenep. Jika kurang jelas kami telah menyediakan video tutorialnya agar lebih mempermudah sekaligus memperjelas lagi tutorial dan jawaban yang kami berikan. Jika ada pertanyaan lain jangan ragu-ragu untuk menanyakannya melalui komentar, email atau kontak yang telah disediakan, terima kasih.

Lihat Video
Download Contoh Aplikasi Macro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *