dress brokat

Panduan Tepat dalam Merawat Dress Brokat Kesayangan Anda Agar Tetap Awet

iroot.id – Bahan brokat beberapa waktu belakangan ini memang menjadi perbincangan yang cukup hangat diberbagai kalangan masyarakat khususnya wanita. Bagaimana tidak, bahan kain yang sudah sejak lama dikenal tersebut sekarang dimodifikasi menjadi beberapa model busana wanita yang sangat menarik. Salah satu yang cukup populer adalah dress brokat pendek ataupun panjang dengan berbagai desain atau potongan. Berbagai acara resmi ataupun tidak resmi sering sekali para wanita menggunakan dress cantik dari kain brokat tersebut untuk menunjang penampilannya.

Dahulu mungkin brokat hanya dijadikan sebagai atasan dengan penggunaan kebaya, tetapi saat ini tren tersebut sudah mulai berubah. Bahkan jaman dahulu yang identik dengan busana orang tua saat ini sudah berbalik, banyak remaja yang mengkreasikan brokat dalam busana yang sangat apik. Brokat sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, semuanya mempunyai kelebihan dan kekurangan dari tekstur ataupun desain. Secara umum perawatan berbagai model brokat itu sama saja, namun banyak wanita yang masih kurang paham akan hal ini. Akhirnya berbagai busana brokatnya hanya dapat digunakan satu dua kali saja karena memang sudah mulai berubah atau rusak.

dress brokat
(Gambar : bukalapak.com)

Selain Anda memilih jenis brokat seperti apa yang paling tepat dan pantas untuk Anda gunakan, jangan lupa juga untuk memperhatikan cara perawatan. Nah, berikut ini ada tips merawat busana brokat Anda supaya tetap awet dan bisa dipakai lama yaitu:

  1. Pemilihan detergen.

Mungkin masih belum banyak perempuan yang mengetahui jika memilih detergen untuk bahan brokat itu tidak bisa sembarangan. Seperti yang diketahui jika model brokat memang sangat riskan mengalami kerusakan. Lebih baik hindari penggunaan detergen dengan tekstur kasar dan merusak kain Anda. misalnya saja detergen bubuk rupanya dapat membuat brokat mengalami masalah. Dari pada dress brokat  Anda bermasalah lebih baik pilih detergen yang lebih aman atau cair.

  1. Perendaman brokat.

Jika memang dress Anda terkena kotoran yang sedikit susah untuk dihilangkan lebih baik rendam terlebih dahulu. Cara perendaman yang dilakukan sama saja dengan pada umumnya, Anda hanya perlu merendam selama kurang lebih 15 sampai dengan 30 menit saja. Jangan terlalu lama karena bisa berakibat buruk pada dress Anda.

  1. Mencuci dress.

Lalu proses pencucian yang juga tidak boleh dilakukan secara sembarangan, misalnya mengucek dengan cara yang terlalu keras ataupun yang lainnya. Cukup hanya dengan diperas saja semuanya sudah bisa teratasi tanpa harus merusak tekstur dari brokat itu sendiri. Yang paling penting lebih baik gunakan secara manual jangan gunakan mesin cuci untuk tetap mempertahankan tekstur dari dress Anda.

  1. Menjemur dan menyetrika.

Setelah mencuci Anda perlu menjemurnya dibawah sinar matahari supaya cepat kering, ternyata hal itu salah. Anda perlu menghindarkan brokat dari paparan sinar secara langsung, pilih angin-angin saja dengan sedikit sinar. Lalu setelah itu simpanlah secara tepat karena brokat tidak perlu untuk disetrika. Jika itu Anda lakukan secara tidak langsung akan merubah tekstur yang ada pada brokat.

Nah, itulah beberapa tips yang dapat dibagikan kepada Anda untuk membuat dress dari kain brokat kesayangan tetap bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Selain itu perlu ditekan lagi kepada Anda bahwa perawatan dress brokat yang tidak tepat pasti bisa mudah merusak. Coba cek kembali apakah proses perawatan Anda sudah tepat. Jika belum segera perbaiki, merawat lebih baik dari pada harus membeli yang baru lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *